Pengertian Deskripsi Teori

Pengertian Deskripsi Teori - Sebelum menjelaskan deskripsi teori terlebih dahulu penulis mendefinisikan teori adalah seperangkat konstruk (konsep), definisi dan proposisi yang berfungsi untuk melihat fenomena secara sistematik, melalui spesifikasi hubungan antara variabel, sehingga dapat berguna untuk menjelaskan dan meramalkan fenomena.
Deskripsi Teori
Sedangkan Sitirahayu Haditono dalam Sagiyono menyatakan bahwa suatu teori akan memperoleh arti yang penting bila ia lebih banyak dapat melukiskan, menerangkan dan meramalkan gejala yang ada. Kemudian Mark membedakan adanya tiga macam teori, ketiga teori ini berhubungan dengan data empiris, dengan demikian dapat di bedakan antara lain:

  1. Teori yang deduktif artinya memberikan keterangan yang dimulai dari suatu perkiraan atau pikiran spekulatif tertentu ke arah data akan diterangkan.
  2. Teori yang induktif adalah cara menerangkan dari data ke arah teori. Di dalam bentuk ekstrim titik pandang yang positivistik ini dijumpai pada kaum behaviorist.
  3. Teori yang fungsional adalah di sini tampak suatu interaksi pengaruh antara data dan perkiraan teoritis yaitu data mempengaruhi pembentukan teori dan pembentukan teori kembali mempengaruhi data.
Berdasarkan tiga pandangan ini dapat disimpulkan bahwa teori dapat dipandang sebagai berikut:
  • Teori menunjuk pada sekelompok hukum yang tersusun secara logis dan biasanya sifat hubungan yang deduktif. Suatu hukum menunjukkan suatu hubungan antara variabel-variabel empiris yang bersifat pasti dan dapat diramalkan sebelumnya.
  • Suatu teori juga dapat merupakan suatu rangkuman tertulis mengenai suatu kelompok hukum yang diperoleh secara empiris dalam suatu bidang tertentu. Di sini orang mulai dari data yang di peroleh di lapangan kemudian dari data tersebut diperoleh suatu konsep teoritis (induktif).
  • Suatu teori juga dapat menunjuk pada suatu cara menerangkan yang menggeneralisasi. Di sini biasanya terdapat hubungan yang fungsional antara data dan pendapat yang teoritis.
Setelah memahami makna teori yang menjadi dasar penelitian, seorang peneliti harus mendeskripsikan teori yang berkaitan dengan variabel-variabel yang diteliti sehingga mempermudah jalannya dalam mencari data yang dibutuhkan.

Deskripsi teori dalam suatu penelitian merupakan uraian sistematis tentang teori dan hasil-hasil penelitian yang relevan dengan variabel yang diteliti, suatu deskripsi teori paling tidak berisi tentang penjelasan terhadap variabel-variabel yang diteliti melalui uraian yang mendalam dan lengkap dari berbagai referensi, Variabel-variabel yang tidak dapat dijelaskan dengan baik, baik dari segi pengertian maupun kedudukan dan hubungan antar variabel yang diteliti menunjukkan bahwa peneliti tidak menguasai teori dan konteks penelitian. Oleh karena itu, peneliti harus rajin membaca, untuk membaca dengan secara benar, baik berbentuk buku-buku, teks, kamus, ensiklopedia, jurnal ilmiah, laporan penelitian, internet dan lain-lain.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 05.50

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Deskripsi Teori yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top