Pengertian Web

Pengertian Web - Web merupakan aplikasi yang bersifat request response layanan antara client dan server yang dijalankan pada protokol HTTP dalam suatu jaringan komunikasi data dengan menggunakan default port 80. Proses request response diawali dengan cara memasukkan URL yang sesuai dengan skema URL. Pada sisi klien, aplikasi yang digunakan dapat berupa browser untuk meminta dan menerima layanan, sedangkan pada sisi server dapat berupa DNS server, Web Server dan Database Server. Port yang digunakan pada protokol ini bukanlah port yang berbentuk fisik, melainkan port yang bersifat logis.
Pengertian Web

Web adalah
Situs web (bahasa Inggris: web site) atau sering disingkat dengan istilah situs adalah sejumlah halaman web yang memiliki topik yang saling terkait. Halaman tersebut memuat script (bahasa programan) yang dapat memanggil file-file atau layanan dalam web server itu sendiri, dari server lain ataupun data yang berada dalam database. File-file atau layanan tersebut dapat berupa berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya. Data situs web biasanya ditempatkan pada sebuah web server dan database server ditempatkan pada sebuah web server dan database server yang dapat diakses melalui browser dalam suatu jaringan komputer seperti internet ataupun Local Area Network (LAN). Meskipun sebuah situs web dapat diakses publik secara luas, pada prakteknya tidak semua situs memberikan kebebasan bagi publik untuk mengaksesnya, situs web mewajibkan pengunjung untuk melakukan pendaftaran untuk dapat menjadi anggota. Pembatasan-pembatasan ini umumnya dapat dilakukan dengan alasan keamanan, menghormati privasi atau karena tujuan komersil tertentu.

Halaman web merupakan berkas yang ditulis sebagai berkas teks biasa (plain text) yang diatur dan dikombinasikan sedemikian rupa dengan intruksi-intruksi berbasis HTML, XHTML ataupun XML. Halaman-halaman tersebut akan diakses oleh klien melalui aplikasi peramban web (browser). Berkas tersebut kemudian diterjemahkan oleh browser, selanjutnya ditampilkan pada layar (screen) komputer. Implementasi dan mekanisme pengaksesan dapat berupa skema http atau hattps. Pengaksesan melalui https digunakan untuk meningkatkan aspek keamanan dan akspek privasi yang lebih baik.

Website sebagai kumpulan dari halaman dapat bersifat statis maupun dinamis, yang membentuk satu rangkaian yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Bersifat statis apabila isi informasi website tetap, jarang berubah, dan isi informasinya searah hanya dari pemilik website. Bersifat dinamis apabila isi informasi website selalu berubah-ubah dan isi informasinya interaktif dua arah berasal dari pemilik serta pengguna website.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 00.54

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Web yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top