Pengertian Penilaian Sumatif

Pengertian Penilaian Sumatif  - Istilah "Sumatif" berasal dari kata "sum" yang berarti "total obtained by adding together items, number or amounts" . Penilaian sumatif berarti penilaian yang dilakukan jika satuan pengalaman belajar atau seluruh materi pembelajaran dianggap telah selesai. Dengan demikian, ujian akhir semester dan ujian belajar termasuk penilaian sumatif. Penilaian sumatif diberikan dengan maksud untuk mengetahu apa peserta didik sudah dapat menguasai standar kompetensi yang telah ditetapkan atau belum. Tujuan penilaian sumatif adalah untuk menentukan nilai (angka) berdasarkan tingkatan hasil belajar peserta didik yang selanjutnya dipakai sebagai angka rapor.

Pengertian Penilaian Sumatif 


Penilaian sumatif biasanya digunakan untuk merujuk kepada penilaian fakulti pendidikan oleh penyelia masing-masing. Ia dikenakan pada ahli fakulti, dan digunakan secara seragam, dengan tujuan mengukur semua guru berdasarkan kriteria yang sama untuk menentukan tahap prestasi mereka. Ia bertujuan untuk memenuhi keperluan sekolah atau daerah untuk tanggungjawab seseorang guru dan dilihat sebagai persediaan bagi pemulihan untuk prestasi sub-standard dan juga memberi alasan untuk pemecatan jika diperlukan. Penilaian biasanya dalam bentuk borang, dan terdiri daripada senarai semak dan kadang-kala secara ulasan. Bahagian yang dinilai termasuk persekitaran bilik darjah, arahan, profesionalisme, dan perancangan dan persediaan

Dalam penilaian sumatif juga bertujuan menentuakan angka kemajuan belajar siswa, untuk itu tingkat kesukaran soal harus diperhatikan. Perbandingan soal yang mudah, sedang dan sukar sebaikya 3 : 5 : 2. Perbandingan tersebut tidak harus mutlak demikian. Dalam masalah tingkat kesukaran soal selalu harus diperhatikan ialah, jumalah soal-soal yang sedang harus lebih banyak daripada jumlah soal-soal yang mudah dan sukar.

Pada penilaian sumatif ini perlu pula diperhatikan mengenai daya pepmbeda dari setiap butir soal. Artinya setiap butir soal tes itu harus mempunyai daya untuk membedakan siswa yang pandai dengan siswa yang kurang atau tidak pandai. Tingkat kesukaran dan daya pepmbeda suatu soal itu hanya dapat diketahui melalui analisis butir soal setelah tes itu diujicobakan. Penilaian sumatif, dalam penilaiannya dapat menggunakan penilaian yang bersumber pada criteria mutlak dan penilaian yang bersumber pada norma relative kelompok. Pengolahan hasil penilaian berdasarkan unukuran mutlak (PAP)  berarti penilaian yang membandingkan hasil belajar siswa terhadap suatu patokan yang telah ditetapkan sebelumnya. Pengertian ini menunjukan bahwa sebelum usaha penilaian dilakukan terlebih dahulu harus ditetapkan patokan yang akan dipakai untuk membandingkan angka-angka hasil pengukuran agar hasil itu mempunyai arti. Sedangkan pengolahan hasil penilaian berdasarkan norma relatif (PAN) ialah penilaian yang membandingkan hasil belajar siswa terhadap hasil dalam kelompoknya.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 07.30

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Penilaian Sumatif yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top