Pengertian Khamar Menurut Kedokteran

Pengertian Khamar Menurut Kedokteran - Khamar adalah cairan yang dihasilkan dari peragian biji-bijia atau buah-buahan dan mengubah sari patinya menjadi alkohol dengan menggunakan katalisator (Enzim) yang mempunyai kemampuan untuk memisahkan unsur-unsur tertentu yang berubah melalui proses peragian.
Bahaya Khamar

Dampak Minuman Khamar

Minuman sejenis ini dinamakan dengan khamar karena dia mengeruhkan dan menyelubungi akal. Artinya menutupi dan merusaknya daya tangkapnya.

Setiap sesuatu yang memabukkan adalah termasuk khamar, dan tidak menjadi soal tentang apa soalnya. Oleh karena itu jenis minuman apapun sejauh memabukkan adalah khamar menurut pengertian syari'at. Semua minum-minuman, baik yang terbuat dari anggur, korma, madu, gandum dan biji-bijian maupun dari jenis-jenis lain yang memabukkan termasuk narkoba dan obat-obat berbahaya semuanya termasuk khamar dan haram hukumnya. Sebab haramnya adalah keburukan-keburukan, baik yang bersifat khusus maupun yang umum; dan juga karena membuat lalai dari mengingat Allah dan dari mengerjakan sembahyang serta menimbulkan permusuhan dari kebencian antara sesama manusia.

Setiap yang memabukkan adalah khamar dan setiap khamar adalah diharamkan. Menurut Mahzab Hanafi yang diharamkan disini meliputi:
  1. Haram menggunakan ganja, candu, morpin dan lain-lain benda/zat yang memabukkan.
  2. Haram memperjualbelikannya dan haram pula menjadikannya sebagai sumber penghasilan/keuntungan.
  3. Haram menanam pohon-pohon candu dan jenis-jenis narkotika, baik yang ditanam untuk membuat/memperoleh benda-benda memabukkan guna dipakai sendiri maupun untuk diperjual belikan.
  4. Haram harta hasil jual beli benda-benda haram, dan ibadat-ibadat yang dibiayai dengan hasil itu adalah tidak diterima, bahkan haram pula.
Khamar yang dijual di pasar-pasar itu bermacam-macam namanya. Ia terbagi beberapa bagian tertentu dengan patokan kadar alkohol yang terkandung di dalamnya. Ada yang bernama Brandy, Wisky, Martini, Likir, Drygin dan lain-lain. Kadar alkohol yang terkandung dalam minuman-minuman ini ada yang 40% sampai 60%. Kadar alkohol yang terdapat dalam Jenever. Holland dan Genever adalah 33% sampai 40%. Jenis lain seperti Porte, Galagata dan Madira mengandung 15% sampai 25% alkohol. Khamar-khamar ringan seperti Claret Hock, Champagne dan Bargently mengandung 10% samai 15% alkohol. Jenis-jenis bir ringan lainnya seperti ; Eyl, Portar, Estote, dan Munich
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 09.41

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Khamar Menurut Kedokteran yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top